Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 (IX) SMP/MTs Semester 1 (Ganjil) Berdasar Kurikulum 2013
Berikut ini adalah contoh soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Kurikulum 2013 (dalam kurikulum KTSP disebut dengan Ulangan Tengah Semester/UTS) mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 (VII) Semester 1 (Gasal/ Ganjil) SMP/MTs. Soal ini bisa dipakai untuk latihan mengerjakan soal dalamrangka menghadapi ujian PTS/PTS.
I.
Pilihlah jawaban yang paling tepat diantara huruf A, B, C atau D,
dengan cara menghitamkan lingkaran pada lembar jawab yang tersedia!
Bacalah
teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-4!
Pengalaman
ini sebenarnya tidak perlu terjadi karena dapat diatasi, tetapi kejadian ini
terjadi begitu saja. Saat itu saya bertemu dengan seorang kenalan baru yang
menurut saya sangat baik. Dia menunjukkan betapa baiknya dirinya dengan selalu
membantu kesulitan saya selama latihan.
Kami
bertemu untuk pertama kali saat pendaftaran calon peserta pidato tingkat
nasional. Banyak hal yang kami alami bersama. Dia banyak membantu saya
memecahkan kesulitan-kesulitan. Saya adalah orang yang sangat pelupa sehingga
tidak jarang saya meninggalkan tugas yang seharusnya dilakukan. Saya juga sulit
menghafal nama orang. Namun, teman baru saya ini selalu membantu. Kehadirannya
sangat membantu saya. Kami pun sangat dekat.
Beberapa
lama setelah kami bersama, tiba-tiba saya menemukan kejanggalan yang ada pada
diri teman saya. Ternyata dia suka membuang daftar yang berisi agenda-agenda
yang harus saya lakukan. Selama ini memang saya membuat daftar untuk mengatasi
sifat saya yang pelupa. Saya juga sering menceritakan bagaimana diri saya yang
pelupa. Setelah dia tahu semua tentang saya, dia berusaha untuk memusuhi saya
secara diam-diam.
Saya yang
bersifat terbuka dengan orang lain mendapat pelajaran berharga bahwa berhati-hati
dan tidak mudah percaya pada orang lain memang perlu. Akibat yang saya terima
memang fatal. Namun, jika saya lebih bisa menjaga diri pasti kejadian ini dapat
dicegah.
1.
Kelemahan
yang dimiliki penulis cerita adalah . . . .
A.
bersikap
ceroboh
B.
kurang
perhatian pada orang lain
C. pelupa dan mudah percaya kepada orang lain
D. menganggap setiap masalah dengan sepele
2.
Peristiwa
kurang menyenangkan yang dialami penulis cerita adalah . . . .
A. dikhianati
teman yang ia percaya
B. dirugikan
dalam keuangan
C. ditipu dalam suatu urusan
D. disombongi temannya
3.
Berdasarkan
struktur teks eksemplum, paragraf ketiga teks di atas merupakan bagian . . .
A. orientasi
B. interpretasi
C. insiden
D. koda
4.
Nilai atau
pelajaran yang terdapat dalam cerita tersebut adalah . . .
A.
Kita harus
memperbanyak teman.
B.
Kita harus
berhati-hati dan waspada dengan sikap orang lain.
C.
Kita harus
membantu teman yang membutuhkan bantuan.
D.
Watak
orang harus kita kenali dengan baik.
5.
Pernyataan
yang tepat tentang teks eksemplum adalah...
A. merupakan teks cerita yang mengisahkan seorang
tokoh atau pelaku.
B. merupakan teks yang mengisahkan kehidupan dengan
tokoh-tokoh hewan.
C. merupakan teks yang mengisahkan imajinasi penulis
dengan berpusat pada tokoh.
D. merupakan
teks yang menguraikan beberapa kisah nyata dalam kehidupan untuk keperluan
informasi.
6.
Struktur yang berisi pesan moral dalam teks eksemplum terdapat pada
bagian ....
A.
kesimpulan
B. penyelesaian
C. interpretasi
D. amanat
7. Struktur yang terdapat dalam teks eksemplum adalah...
A.
orientasi, defenisi umum, defenisi khusus
B.
orientasi , kalimat topik, deskripsi
C. orientasi, insiden, interpretasi
D. orientasi, insiden, kesimpulan