Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 (IX) SMP/MTs Semester 1 (Ganjil) Berdasar Kurikulum 2013


Berikut ini adalah contoh soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Kurikulum 2013 (dalam kurikulum KTSP disebut dengan Ulangan Tengah Semester/UTS) mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 (VII) Semester 1 (Gasal/ Ganjil) SMP/MTs. Soal ini bisa dipakai untuk latihan mengerjakan soal dalamrangka menghadapi ujian PTS/PTS.

I.        Pilihlah jawaban yang paling tepat diantara huruf A, B, C atau D, dengan cara menghitamkan lingkaran pada lembar jawab yang tersedia!

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-4!
Pengalaman ini sebenarnya tidak perlu terjadi karena dapat diatasi, tetapi kejadian ini terjadi begitu saja. Saat itu saya bertemu dengan seorang kenalan baru yang menurut saya sangat baik. Dia menunjukkan betapa baiknya dirinya dengan selalu membantu kesulitan saya selama latihan.
Kami bertemu untuk pertama kali saat pendaftaran calon peserta pidato tingkat nasional. Banyak hal yang kami alami bersama. Dia banyak membantu saya memecahkan kesulitan-kesulitan. Saya adalah orang yang sangat pelupa sehingga tidak jarang saya meninggalkan tugas yang seharusnya dilakukan. Saya juga sulit menghafal nama orang. Namun, teman baru saya ini selalu membantu. Kehadirannya sangat membantu saya. Kami pun sangat dekat.
Beberapa lama setelah kami bersama, tiba-tiba saya menemukan kejanggalan yang ada pada diri teman saya. Ternyata dia suka membuang daftar yang berisi agenda-agenda yang harus saya lakukan. Selama ini memang saya membuat daftar untuk mengatasi sifat saya yang pelupa. Saya juga sering menceritakan bagaimana diri saya yang pelupa. Setelah dia tahu semua tentang saya, dia berusaha untuk memusuhi saya secara diam-diam.
Saya yang bersifat terbuka dengan orang lain mendapat pelajaran berharga bahwa berhati-hati dan tidak mudah percaya pada orang lain memang perlu. Akibat yang saya terima memang fatal. Namun, jika saya lebih bisa menjaga diri pasti kejadian ini dapat dicegah.

1.         Kelemahan yang dimiliki penulis cerita adalah . . . .
             A.    bersikap ceroboh 
             B.    kurang perhatian pada orang lain  
             C.  pelupa dan mudah percaya kepada orang lain                            
             D.  menganggap setiap masalah dengan sepele

2.         Peristiwa kurang menyenangkan yang dialami penulis cerita adalah . . . .
A.    dikhianati teman yang ia percaya 
B.    dirugikan dalam keuangan                                          
C.  ditipu dalam suatu urusan
D.  disombongi temannya

3.         Berdasarkan struktur teks eksemplum, paragraf ketiga teks di atas merupakan bagian . . .
A.    orientasi    
B.    interpretasi                                                                       
C.  insiden
D.  koda

4.         Nilai atau pelajaran yang terdapat dalam cerita tersebut adalah . . .
A.      Kita harus memperbanyak teman.
B.      Kita harus berhati-hati dan waspada dengan sikap orang lain.
C.      Kita harus membantu teman yang membutuhkan bantuan.
D.      Watak orang harus kita kenali dengan baik.

5.         Pernyataan yang tepat tentang teks eksemplum adalah...
A.    merupakan teks cerita yang mengisahkan seorang tokoh atau pelaku.
B.    merupakan teks yang mengisahkan kehidupan dengan tokoh-tokoh hewan.
C.    merupakan teks yang mengisahkan imajinasi penulis dengan berpusat pada tokoh.
D.  merupakan teks yang menguraikan beberapa kisah nyata dalam kehidupan untuk keperluan informasi.

6.         Struktur  yang berisi pesan moral dalam teks eksemplum terdapat pada bagian ....
            A.    kesimpulan   
            B.    penyelesaian                                                                     
            C.  interpretasi
            D.  amanat
7.       Struktur yang terdapat dalam teks eksemplum adalah...
            A.    orientasi, defenisi umum, defenisi khusus  
            B.    orientasi , kalimat topik, deskripsi                             
            C.  orientasi, insiden, interpretasi
            D.  orientasi, insiden, kesimpulan

Subscribe to receive free email updates: