Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs Semester 1 (Ganjil) Berdasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 (VII) Semester 1 (Ganjil/ Gasal) SMP/ MTs yang meliputi materi pokok bahasan:
Bab 1 Belajar Mendeskripsikan
Kunjungi juga:
Bab 1 Belajar Mendeskripsikan
A. Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi
B. Menentukan Isi Teks Deskripsi
C. Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi
D. Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskripsi
Bab 2 Memahami dan Mencipta Cerita Fantasi
B. Menentukan Isi Teks Deskripsi
C. Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi
D. Menyajikan Lisan dan Menulis Teks Deskripsi
Bab 2 Memahami dan Mencipta Cerita Fantasi
A. Mengidentifikasi Unsur Cerita Fantasi
B. Menceritakan Kembali Isi Cerita Fantasi yang Dibaca/ Didengar
C. Menelaah Struktur dan Bahasa Cerita Fantasi
D. Menyajikan Cerita Fantai
B. Menceritakan Kembali Isi Cerita Fantasi yang Dibaca/ Didengar
C. Menelaah Struktur dan Bahasa Cerita Fantasi
D. Menyajikan Cerita Fantai
Kunjungi juga:
Berikut ini adalah contoh soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Kurikulum 2013 (dalam kurikulum KTSP disebut dengan Ulangan Tengah Semester/UTS) mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 (VII) Semester 1 (Gasal/ Ganjil) SMP/MTs. Soal ini bisa dipakai untuk latihan mengerjakan soal dalamrangka menghadapi ujian PTS/PTS.
Perhatikan kutipan teks deskripsi berikut, kemudian kerjakan soal nomor
1-4!
TARI GAMBYONG
1)
Koreografi tari Gambyong sebagian besar berpusat pada penggunaan
gerak kaki, tubuh, lengan, dan kepala. Penari tidak hanya lentur
tubuhnya, tetapi juga harus terampil. Ada berbagai gerak dalam tari
Gambyong.
2)
Gerak srisig adalah gerak dengan sikap berdiri jinjit dilanjutkan
dengan langkah-langkah kecil. Nacah miring yaitu kaki kiri bergerak
ke samping, bergantian disusul kaki kanan diletakkan di depan kaki
kiri. Kengser adalah gerak kaki ke samping dengan cara bergeser
dengan posisi kaki tetap merapat ke lantai. Gerak embat atau entrag adalah gerak dengan
posisi lutut yang membuka karena mendhak bergerak ke bawah dan ke atas.
Selain itu, ada juga gerak berjalan (sekaran mlaku) dan gerak di tempat
(sekaran mandheg).
3)
Tari Gambyong adalah tarian untuk menyambut tamu atau mengawali suatu
resepsi perkawinan. Tarian ini dinamai sesuai dengan nama penari yang
bernama Gambyong. Penari ini hidup pada zaman Sunan Paku Buwana IV di
Surakarta. Dia mahir dalam menari dan memiliki
suara merdu sehingga menjadi pujaan kaum muda pada zaman itu.
|
1. Berdasarkan teks di atas
objek/hal yang dideskripsikan adalah …
A. koreografi tari Gambyong
B. gerak srisig
C. Tari Gambyong
D. gerak embat
C. Tari Gambyong
D. gerak embat
2. Di bawah ini yang bukan
merupakan tujuan teks deskripsi di atas adalah ….
A. menggambarkan koreografi
tari Gambyong yang sebagian besar berpusat pada gerak kaki.
B. menggambarkan koreografi
tari Gambyong yang sebagian besar berpusat pada tubuh.
C. menggambarkan koreografi
tari Gambyong yang sebagian besar berpusat pada lengan dan kepala.
D. menggambarkan koreografi
tari Gambyong yang sebagian besar berpusat pada jari tangan.
3. Pernyataan yang tidak
sesuai dengan isi teks deskripsi tersebut adalah …
A. Kengser adalah dengan sikap berdiri jinjit dilanjutkan dengan
langkah-langkah kecil.
B. Nacah miring yaitu kaki kiri bergerak ke samping, bergantian disusul kaki
kanan diletakkan di depan kaki kiri.
C. Tari Gambyong adalah tarian untuk mengawali suatu
resepsi perkawinan.
D. Tari Gambyong adalah tarian untuk menyambut tamu.
4. Urutan teks yang tepat sesuai dengan struktur teks deskripsi di atas adalah
….
A. 1-3-2
B. 3-1-2
C. 2-3-1
D. 3-2-1
C. 2-3-1
D. 3-2-1
5. Di bawah ini merupakan pengertian
teks deskripsi adalah …
A. Kesan mengenai apa yang diamati dan kesan yang didapat melalui
pancaindra sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan merasakan
sebuah objek secara keseluruhan seperti yang dialami penulisnya.
B. Kegiatan mengamati keadaan sekitar agar pembaca merasakan apa yang
dirasakan penulisnya.
C. Hasil pengamatan keadaan, objek, atau peristiwa dengan penyampaian
sederhana.
D. Laporan ilmiah berdasarkan data yang diamati.
6. Perhatikan ciri-ciri teks di bawah ini!
(1)
Menggambarkan atau melukiskan suatu benda, tempat, atau suasana
tertentu.
(2)
Tidak menimbulkan salah pengertian.
(3) Bertujuan agar pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakan
sendiri objek yang dideskripsikan
(4)
Menarik untuk dibaca
(5) Menjelaskan ciri-ciri objek seperti warna, ukuran, bentuk, dan keadaan
suatu objek secara terperinci.
Berdasarkan ciri-ciri tersebut, yang termasuk
ciri teks deskripsi adalah ….
A.
(1), (2), dan (3)
B.
(2), (3), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2) dan (4)