Naskah Soal UTS IPA Semester 1 Kelas 1 SD/MI KTSP

Naskah Soal UTS IPA Semester 1 Kelas 1 SD/MI KTSP


Berikut ini adalah Soal Ulangan Tengah semester (UTS) IPA Semester 1 Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2006 (KTSP). Soal ini dapat digunakan sebagai bahan latihan dalam mengerjakan soal Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk putra-putri anda yang masih kelas 1 SD/MI. Soal ini juga dapat digunakan sebagai referensi dalam memperkaya pengetahuan putra-putri bapak ibu.
Selamat berlatih...!

Mari memilih jawaban yang tepat..!
1. Tangan untuk ....
a. melihat
b. meraba
c. makan

2. Mata untuk ....
a. meraba
b. melihat
c. makan

3. Telinga untuk ....
a. meraba
b. melihat
c. mendengar

4. Sikat gigi digunakan untuk membersihkan ....
a. tangan
b. hidung
c. gigi

Soal selengkapnya klik disini >>

Read More
Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 1 SD/MI Semester 1 Kurikulum KTSP

Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 1 SD/MI Semester 1 Kurikulum KTSP


Berikut ini adalah Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 1 SD/MI Semester 1 Kurikulum KTSP yang dapat digunakan sebagai latihan mengerjakan soal Ulangan Tengah Semester (UTS) dan juga dapat digunakan sebagai referensi dalam menambah wawasan pengetahuan.

Soal terdiri dari tiga komponen, yaitu Membaca, Ayo Menjawab, dan Ayo Memilih jawaban yang benar. Dan berikut ini contoh soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 1 SD/MI Semester 1 kurikulum 2006 (KTSP).


I. Membaca. 

              Kerja Bakti
Hari Minggu keluargaku kerja bakti
Ayah membersihkan halaman
Ibu mengelap jendela kaca
Aku mengepel lantai
Kakakku menyirami tanaman
Rumahku menjadi rapi
Tanamanku tumbuh subur

II. Ayo menjawab..!
1.  Kapan keluargaku kerja bakti?
2.  Siapa yang membersihkan halaman?
3.  Apa yang dilakukan ibu?
4.  Siapa yang menyirami tanaman?
5.  Bagaimana keadaan rumahku?

III. Ayo memilih jawaban yang benar
1. Mata gunanya  untuk ….
a. mendengar
b. melihat
c. mengambil

2. Anggota tubuh untuk berjalan  ….
a. kaki
b. tangan
c. hidung


Read More
Soal dan Pembahasan Matematika SMP/MTs BAB Aritmatika Sosial

Soal dan Pembahasan Matematika SMP/MTs BAB Aritmatika Sosial


Pokok bahasan/ materi Aritmatika Sosial masuk dalam kurikulum 2006 (KTSP) dan juga masuk dalam kurikulum 2013 (K-13). Kurikulum 2013 sendiri sudah mengalami perbaikan, sehingga sedikit banyak mengalami perubahan. Perubahan tersebut baik dari isi maupun pemnempatan penyampaian materi. Jika dalam kurikulum 2006 materi Aritmatika Sosial diberikan pada kelas 7 SMP/MTs pada semester 1, namun berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi 2016/2017 materi Aritmatika Sosial disampaikan pada kelas 7 SMP/MTs di semester 2.

Berikut ini kami berikan kumpulan soal (Bank Soal) matematika pokok bahasan Aritmatika Sosial yang bisa dijadikan sebagai referensi dan koleksi soal dalam mengerjakan soal-soal matematika BAB Aritmatika Sosial.

Jika kalian belum begitu jelas dan masih kesulitan bagaimana cara mengerjakan soal tentang Aritmatika Sosial, berikut ini kami juga berikan video tutorial pembahasan soal Aritmatika Sosial. Silahkan klik link di bawah ini dan pilih sesuai dengan yang dibutuhkan.





Dan berikut ini adalah kumpulan soal Aritmatika Sosial yang dapat digunakan sebagai latihan dalam mengerjakan soal Aritmatika Sosial.


Bank Soal atau Kumpulan Nasakah Soal Matematika Pokok Bahasan/Materi Aritmatika Sosial

1. Seorang pedagang membeli 200 kg jeruk seharga Rp750.000,00. Setelah melakukan pemilihan, jeruk tersebut dijual 80 kg dengan harga Rp5.000,00 per kg dan 110 kg dijual dengan harga Rp4.000,00, sedangkan sisanya busuk. Hasil yang diperoleh pedagang tersebut adalah ....
A. Untung Rp90.000,00
B. Untung Rp40.000,00
C. Rugi Rp90.000,00
D. Rugi Rp140.000,00

2. Harga pembelian 100 buku tulis adalah Rp180.000,00. Jika buku tersebut dijual per 10 buku seharga Rp20.000,00, persentase untung yang diperoleh adalah ....
A. 20%
B. 12%
C. 10%
D. 9%

3. Seorang pedagang membeli 8 lusin pensil seharga Rp100.000,00, kemudian 80 pensil dijual dengan harga Rp1.000,00 per buah dan sisanya dijual Rp800,00 per buah. Hasil yang diperoleh pedagang tersebut adalah ....
A. Untung 7,2%
B. Untung 8%
C. Rugi 7,2%
D. Rugi 10%

4. Seorang pedagang membeli barang dengan harga Rp250.000,00 dan biaya perjalanan Rp50.000,00. Kemudian barang tersebut dijual dengan memperoleh untung 15%. Berapa harga penjualan barang tersebut ?
A. Rp287.500,00
B. Rp295.000,00
C. Rp337.500,00
D. Rp345.000,00

5. Lima lusin mainan anak dibeli dengan Rp312.000,00 kemudian dijual dan ternyata mengalami kerugian sebesar Rp18.000,00. Harga penjualan tiap buah mainan tersebut adalah ....
A. Rp3.600,00
B. Rp4.900,00
C. Rp5.500,00
D. Rp5.880,00

6. Budi membeli sepeda seharga Rp400.000,00 dan dijual lagi dengan mengharapkan untung sebesar 20%. Harga jual sepeda Budi adalah ....
A. Rp320.000,00
B. Rp380.000,00
C. Rp420.000,00
D. Rp480.000,00

7. Seorang pedagang memperoleh untung Rp11.000,00. Jika keuntungan tersebut 10% dari harga pembelian, maka harga penjualannya adalah ....
A. Rp131.000,00
B. Rp121.000,00
C. Rp110.000,00
D. Rp99.000,00

8. Sapar mendapat untung 15% dari harga pembelian suatu barang. Jika untung yang diperoleh tersebut Rp75.000,00. Harga pembelian barang-barang tersebut adalah ....
A. Rp 1.125.000,00
B. Rp500.000,00
C. Rp 425.000,00
D. Rp275.000,00

Soal Selengkapnya Klik Disini >>




Read More
Soal dan Pembahasan UTS Bahasa Indonesia kelas 7 (VII) SMP/MTs Semester 2

Soal dan Pembahasan UTS Bahasa Indonesia kelas 7 (VII) SMP/MTs Semester 2


Berikut ini adalah contoh soal dan pembahasan Ulangan Tengah Semester (UTS) Bahasa Indonesia kelas 7 (VII) SMP/MTs Semester 2 tahun pelajaran 2017/2018.


Pilihan Ganda

1. Pantun dua seuntai ( pantun kilat ) baris pertama sebagai sampiran dan baris kedua sebagai isi dengan rumus rima a-a . lebih dikenal dengan sebutan ....
a. seloka
b. karmina
c. gurindam
d. syair
Jawaban: B

2. Gurindam Dua Belas merupakan gurindam karya pujangga yang sangat terkenal yaitu ....
a. Hamjah Fansuri
b. Raja Ali Haji
c. Amir Hamzah
d. Enag Ah
Jawaban: B

3. Berikut yang termasuk karya sastra dari Hamzah Fansuri ,kecuali
a. Syair Perahu
b. Syair Dagang
c. Syair Si Burung Pingai
d. Syair Hamzah Aya
Jawaban: D

4. Kalimat dibawah ini yang merupakan kalimat majemuk hubungan akibat adalah ....
a. Aku sedang sedih, sebab orang yang aku sayangi tidak menyayangi aku
b. Dengan cara menjual koran, dia mendapatkan uang untuk menghidupi keluarganya
c. Undang Faiz belajar begitu keras, sehingga dia dapat memenangi olimpiade matematika dan ilmu komputer
d. Indah diam saja, seolah-olah semuanya baik-baik saja
Jawaban: C
Pada kalimat jenis ini, konjungsi yang paling sering digunakan adalah “seolah-olah”, “seakan-akan”.

5. Suatu hari di sebuah kebun anggur tinggallah sebuah keluarga semut dengan anggota jumlahnya yang sangat banyak.semut ini membuat sarangnya dari daun-daun lalu mereka tempel menggunakan cairan seperti lem yang mereka keluarkan dari mulutnya.merek Sumut melihat bahwa musim gugur akan segera berlalu dan akan segera datang musim dingin yang cukup panjang.ketika musim dingin makanan akan sangat sulit untuk didapatkan, maka parasmu itu segera mencari berbagai macam makanan untuk mereka kumpulkan sebagai bahan persediaan ketika musim dingin telah tiba.
Bagaimana berdasarkan struktur tersebut ,cerita di atas merupakan bagian
a. Orientasi
b. Resolusi
c. Komplikasi
d. Orokentasi
Jawaban: A

Soal selengkapnya klik disini >>



Read More
Naskah Soal Ulangan Harian/ Penilaian Harian (PH) Matematika Kelas 8 Semseter 1 BAB Pola Bilangan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Naskah Soal Ulangan Harian/ Penilaian Harian (PH) Matematika Kelas 8 Semseter 1 BAB Pola Bilangan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017


Naskah soal Penilaian Harian (PH) atau Ulangan Harian (UH) mata pelajaran matematika SMP/MTs kelas 8 (viii) semester 1 kurikulum 2013 edisi revisi 2017 BAB Pola Bilangan.



PENILAIAN HARIAN I 
MATEMATIKA KELAS VIII SMT 1

Jawablah soal berikut dengan benar, lengkap dengan caranya!

1.      Tentukan 3 bilangan selanjutnya dari pola barisan bilangan berikut ini.
a.       3, 7, 11, 15, …, …, …                                 c.  3, 6, 12, 24, …, …, …
b.      96, 90, 84, 78, …, …, …                             d.  1, 4, 9, 16, …, …, …

2.      Lengkapilah bilangan berikut ini supaya membentuk suatu pola barisan.
a.       100, 99, …, 91, …, 75, 64                           c.  2, 5, 7, 12, 19, …, 50, …,
b.      5, 11, 9, …, …, 21, 17, 26, 21, 31               d.  8, 4, 2, 1, …, …

3.      Tentukan angka satuan pada bilangan:
a.       2100
b.      22017

4.      Diketahui barisan bilangan 4, 8, 12, 16, …
Tentukan:
a.       Nilai suku ke-5
b.      Nilai suku ke-101

5.      Perhatikan gambar konfigurasi objek berikut.
       
Tentukan:
a.       Banyak bola pada pola ke-5
b.      Banyak bola pada pola ke-40
Read More
Materi Pelajaran PPKN: BAB Perlindungan dan Penegakan Hak Asasi Manusia

Materi Pelajaran PPKN: BAB Perlindungan dan Penegakan Hak Asasi Manusia


PERLINDUNGAN DAN PENEGAKAN HAK ASASI MANUSIA

Ilustrasi

A. HAKEKAT HAK ASASI MANUSIA

Manusia adalah mahkluk ciptaan Tuhan yang paling mulia, dan mempunyai derajat yang luhur sebagai manusia, mempunyai budi dan karsa yang merdeka sendiri. Semua manusia sebagai manusia memiliki martabat dan derajat yang sama, dan memiliki hak-hak yang sama pula. Derajat manusia yang luhur berasal dari Tuhan yang menciptakannya. Dengan demikian semua manusia bebas mengembangkan dirinya sesuai dengan budinya yang sehat.

Sebagai mahkluk ciptaan Tuhan, semua manusia memiliki hak-hak yang sama sebagai manusia. Hak-hak yang sama sebagai manusia inilah yang sering disebut hak asasi manusia. Hak asasi manusia berarti hak-hak yang melekat pada manusia berdasarkan kodratnya, maksudnya hak-hak yang dimiliki manusia sebagai manusia.

Hak asasi manusia (HAM) adalah hakhak dasar yang dimiliki manusia sebagai manusia yang berasal dari Tuhan, dan tidak dapat diganggu gugat oleh siapapun.
Dengan mendasarkan pada pengertian HAM di atas, maka HAM memiliki landasan utama, yaitu:
1. Landasan langsung yang pertama, yaitu kodrat manusia;
2. Landasan kedua yang lebih dalam, yaitu Tuhan yang menciptakan manusia.

Jadi, HAM pada hakekatnya merupakan hak-hak fundamental yang melekat pada kodrat manusia sendiri, yaitu hak-hak yang paling dasar dari aspek-aspek kodrat manusia sebagai manusia. Setiap manusia adalah ciptaan yang luhur dari Tuhan Yang Maha Esa. Setiap manusia harus dapat mengembangkan dirinya sedemikian rupa sehingga ia harus berkembang secara leluasa. 

Pengembangan diri sebagai manusia dipertanggung-jawabkan kepada Tuhan sebagai asal dan tujuan hidup manusia. Semua hak yang berakar dalam kodratnya sebagai manusia adalah hak-hak yang lahir bersama dengan keberadaan manusia itu sendiri. Dengan demikian hak-hak ini adalah universal atau berlaku di manapun di dunia ini. Di mana ada manusia di situ ada HAM dan harus dijunjung tinggi oleh siapapun tanpa kecuali. HAM tidak tergantung dari pengakuan orang lain, tidak tergantung dari pengakuan mesyarakat atau negara. 

Manusia memperoleh hak-hak asasi itu langsung dari Tuhan sendiri karena kodratnya (secundum suam naturam). Penindasan terhadap HAM bertentangan dengan keadilan dan kemanusiaan, sebab prinsip dasar keadilan dan kemanusiaan adalah bahwa semua manusia memiliki martabat yang sama dengan hak-hak dan kewajibankewajiban yang sama. Oleh karenanya, setiap manusia dan setiap negara di dunia wajib mengakui dan menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM) tanpa kecuali. Penindasan terhadap HAM berarti pelanggaran terhadap HAM.

Pengakuan oleh orang-orang lain maupun oleh negara ataupun agama tidaklah membuat adanya HAM itu. Demikian pula orang-orang lain, negara dan agama tidaklah dapat menghilangkan atau menghapuskan adanya HAM. Setiap manusia, setiap negara di manapun, kapanpun wajib mengakui dan menjunjung tinggi HAM sebagai hak-hak fundamental atau hak-hak dasar. Penindasan terhadap HAM adalah bertentangan dengan keadilan dan kemanusiaan. 

Untuk mempertegas hakekat dan pengertian HAM di atas dikuatkanlah dengan landasan hukum HAM sebagaimana dikemukakan dalam ketentuan Pasal 1 angka 1 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia bahwa hak asasi manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia.

B. HUKUM DAN KELEMBAGAAN HAK ASASI MANUSIA

1. Beberapa Ketentuan Hukum atau Instrumen HAM

John Locke, pemikir politik dari Inggris, menyatakan bahwa semua orang diciptakan sama dan memiliki hak–hak alamiah yang tidak dapat dilepaskan. Hak alamiah itu meliputi hak atas hidup, hak kemerdekaan, hak milik dan hak kebahagiaan. Pemikiran John Locke ini dikenal sebagai konsep HAM yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan HAM di berbagai belahan dunia. Pengakuan hak asasi manusia (HAM) secara konstitusional ditetapkan pertama kali di Amerika Serikat pada tahun 1776 dengan “Unanimous Declaration of Independence”, dan hal ini dijadikan contoh bagi majelis nasional Perancis ketika menerima deklarasi hak-hak manusia dan warga negara (Declaration des Droits de l’homme et de Citoyen) 26 Agustus 1789.

Selengkapnya >>



Read More
Soal PTS/UTS Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 + Kunci  Jawaban dan Pembahasan

Soal PTS/UTS Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 + Kunci Jawaban dan Pembahasan


Penilaian Tengah Semester 1 (PTS) atau yang dulu dinamakan Ulangan Tengah Semester (UTS) Kelas 8 (VIII) SMP/MTs Kurikulum 2013 (K-13) meliputi 3 pokok bahasan yaitu: Pola Bilangan, Koordinat Kartesius, Relasi dan Fungsi.


Kunjungi juga:

Berikut ini adalah soal dan pembahasan jawaban Penilaian Tengah Semester 1 (gasal/ganjil) mata pelajaran matematika kelas 8 SMP/MTs berdasar Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 yang meliputi pokok bahasan Pola Bilangan, Koordinat Kartesius, Relasi dan Fungsi. Soal ini bisa dipakai sebagai bahan latihan dalam menghadapi PTS/UTS.


A. Pilihan Ganda 

1. Tentukan tiga suku berikutnya dari pola 2, 3, 5, 8, ..., ..., ....
A. 13, 21, 34
B. 12, 17, 24
C. 9, 11, 15
D. 11, 14, 17

2. Tentukan dua suku yang tidak diketahui dari pola: 2, -1, 3, 4, 1, 5, 6, 3, 7, ..., ....
A. 11, 8
B. 10, 7
C. 9, 6
D. 8, 5

3. Tentukan huruf yang hilang dari pola: A, B, D, ..., G, J, J, M, N.
A.  E
B.  F
C.  G
D.  H

4. Tiga pola selanjutnya dari 1, 3, 4, 7, 9, 11, 16, ..., ..., ....
A. 15, 25, 19
B. 18, 23, 26
C. 20, 16, 28
D. 20, 25, 26

5. Tiga pola selanjutnya dari 5, 4, 9, 8, 13, 12, 17, ..., ..., ....
A. 18, 23, 22
B. 17, 22, 21
C. 16, 21, 20
D. 15, 20, 19

Soal dan Kunci Pembahasan Selengkapnya KLIK DISINI



Read More
Soal UTS/PTS Matematika Kurikulum 2013 Kelas 7 Semester 1

Soal UTS/PTS Matematika Kurikulum 2013 Kelas 7 Semester 1


Berikut ini adalah soal Ulangan Tengah Semester (UTS) atau yang dalam Kurikulum 2013 dinamakan dengan Penilaian Tengah Semester (PTS) mata pelajaran matematika kelas 7 semester 1 (ganjil/gasal) kurikulum 2013. Soal PTS ini meliputi 2 pokok bahasan, yaitu Bilangan dan Himpunan.


Kunjungi juga:


Dan berikut ini adalah soal latihan UTS/PTS yang bisa digunakan sebagai latihan dalam mengerjakan soal matematika UTS/PTS Matematika Kelas 7 Kurikulum 2013.

ULANGAN TENGAH SEMESTER 1 KURIKULUM 2013

LEMBAR SOAL 
Mata Pelajaran : MATEMATIKA 
Kelas : VII 
Alokasi Waktu : 90 menit 

PETUNJUK UMUM 
  1. Isikan Identitas Anda ke dalam Lembar Jawab yang tersedia dengan menggunakan pensil 2B 
  2. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya. 
  3. Laporkan kepada pengawas ulangan apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap. 
  4. Mintalah kertas buram kepada pengawas Ruang, bila diperlukan. 
  5. Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada Pengawas Ruang.

I. Pilihan ganda

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1. Diketahui bilangan bulat positif X = 76cd; Y = 45cde dan Z = 123de. Jika setiap huruf pada bilangan tersebut mewakili satu angka, maka urutan bilangan dari yang terbesar ke terkecil adalah....
A. X, Z , Y
B. X, Y, Z
C. Y, Z, X
D. Y, X, Z

2. Suhu sebongkah es mula-mula 5⁰C, dua jam kemudian suhunya turun 7⁰C, suhu es sekarang adalah....
A. – 12⁰C
B. – 2⁰C
C. 2⁰C
D. 12⁰C

3. Nilai dari [ 8 + ( – 9) – ( – 4) ] – [ – 5 + 4 + ( – 8 ) ] adalah....
A. – 12
B. – 6
C. 6
D. 12

4. Ali memiliki tabungan sebesar Rp1.700.000,00. Lima hari kemudian Ali harus mengambil tabungannya sebesar Rp450.000,00, sisa tabungan Ali sekarang adalah....
A. Rp1.150.000,00
B. Rp1.250.000,00
C. Rp1.350.000,00
D. Rp1.450.000,00

Soal selengkapnya KLIK DISINI



Read More