Soal UAS Bahasa Indonesia Semester 1 Kelas 7 (VII) SMP/MTs


Berikut ini adalah contoh soal Ujian Akhir Semester (UAS) mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 (ganjil/gasal). Soal ini bisa digunakan sebagai bahan latihan soal dalam menghadapi ujian akhir semester 1.


Kunjungi juga:

Dengan banyak berlatih soal mudah-mudahan lebih siap secara mental maupun materi. Soal ini sudah dilengkapi dengan kunci jawaban, sehingga akan lebih memudahkan dalam belajar.


Perhatikan kutipan teks di bawah ini!

Salah satu ciri khas bangsa Amerika adalah kesukaannya membuat peringkat. Apa pun diperingkat. Tidak terkecuali dunia bisnis. Majalah terkenal seperti Fortune atau US News sering menampilkan peringkat perusahaan berdasarkan penjualan, besarnya aset yang dimiliki, atau berdasarkan besarnya tingkat keuntungan. Kedua, iklim kompetisi yang semakin ketat. Jelaslah bahwa membuat peringkat bagi masyarakat Amerika merupakan hal yang biasa.

1. Gagasan utama paragraf di atas adalah ...
a. Pembuatan peringkat dipengaruhi oleh dua faktor
b. Apa pun bisa diperingkat
c. Kebiasaan bisnis bangsa Amerika
d. Bangsa Amerika suka membuat peringkat


Bacalah kutipan dongeng berikut ini!

Mogu memutuskan untuk bermalam di hutan. Ia bersandar di pohon dan jatuh tertidur. Dalam tidurnya, samar-samar Mogu mendengar suara memanggilnya. Mula-mula ia berpikir, itu hanya mimpi. Namun, pada saat ia terbangun, suara itu masih memanggilnya. ”Anak muda, bangunlah! Siapakah engkau? Mengapa kau ada di sini?” Mogu amat bingung. Dari mana suara itu berasal? Ia mencoba melihat ke sekeliling. ”Aku di sini. Aku pohon yang kau sandari!” ujar suara itu lagi. Seketika Mogu menengok. Alangkah terkejutnya ia! Pohon yang disandarinya ternyata memiliki wajah di batangnya.


2. Dongeng di atas dapat ditulis kembali menjadi ....

Subscribe to receive free email updates: